Senin, 25 Februari 2013

Menggunakan Internet Dengan Akses web

INTERNET


Mengenal Internet

- Sejarah internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

BAB 5 

MENGGUNAKAN INTERNET DENGAN AKSES WEB

A.  Mengenal web Browser

Penjelajah webPenjelajah(Inggrisweb browser) disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web .

B. Menggunakan Akses Web melalui URL

Url (Nuform Resource Locator) merupakan sumber daya internet sekaligus
alamat sebuah homepage. URL terdiri dari 3 bagian utama:
1. URL yang menunjukkan protokol, misalnya
http:// atau https://
2. URL yang menunjukkan alamat server,
dimana sumber daya tersebut terletak
3. URL yang menunjukkan path file, yaitu alamat atau lokasi dari mana dokumen
yang terletak di dalam server.
Beberapa alamat internet (URL) yang mempunyai mesin pencari, Mesin pencari
(Search Engine) yaitu site atau website
internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dokumen atau data yang anda
inginkan untuk mencari informasi di seluruh web server yang terhubung ke
internet.
Berikut ini beberapa contoh search engine yang umum digunakan.
1. Yahoo.com (http://www.yahoo.com)
Yahoo tergolong website yang paling banyak dikunjungi dan digunakan dalam
mengakses internet.
2. msn.com (http://www.msn.com)
3. Lycos.com (http://www.lycos.com)
Lycos sebagai search engine indeks yang semakin dihargai.
4. goto.com (http://www.goto.com)
goto merupakan salah satu engine yang lebih terfokus dan dan cukup akurat,
dikarenakan goto.com merupakan kombinasi antara spider dan human editing
database.
5. mozilla.com (http://mozilla.firefox.com)
6. Altavista.com (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan search engine yang sangat baik dan mudah digunakan
7. google.com (http://www.google.com)
google termasuk search engine yang menyediakan layanan dalam beberapa
versi bahasa diantaranya Bahasa Inggris,Belanda, Indonesia, Jawa.

C. Menggunakan IE (Internet Explorer)

 IE merupakan web browser bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows, Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.IE memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support untuk kegiatan apapun dan jarang mengalami error, serta jika dalam akses internet menggunakan limited bandwith dan tanpa mengaktifkan show image, IE lebih bisa memberikan tool-tool yang tidak diperlihatkan oleh web browser lain. Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini juga menambah beberapa fitur keamanan penting pada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah dimutakhirkan dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk memutakhirkan Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa diunduh secara otomatis dan dipasang untuk memutakhirkan penjelajah web-nya. IE juga kompatible dengan bahasa pemrograman web seperti ASP, JAVA, PHP, dan Javascript.Disamping keunggulannya, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan/ kelemahan, diantaranya dalam hal download, surfing, browsing dan upload dapat dikatakan lambat tetapi bagi mereka/user yang sangat mengandalkan kestabilan dan supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.

D. Menjelajahi ( Browsing/Surfing ) internet menggunakan Internet Exploler


adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com
Browsing artinya membaca pencarian data pada jaringan (network) khususnya internet. Untuk dapat mencari-cari dan menampilkan data tersebut diperlukan sebuah program yang disebut sebagai browser. Setidaknya ada 5browser yang digunakan luas oleh netter (pengguna internet), yakni : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Chrome, Safari, dan Opera.
Pengertian browsing menurut total.or.id adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Sedang di wikipedia berbahasa indonesia saya tak dapat menemukan pengertian istilah tersebut. Jadi saya coba mencarinya di yahoo! answer dan menemukan browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari Fasilitas/Layanan Pada Internet

E. Menyimpan Halaman Web

Halaman Web Yang sedang di buka, dapat disimpan ke Hard disk dengan mengikuti langkah berikut ini :

1. Pertama-tama Aktifkan internet Explorer, Buka halaman web yang diinginkan, misalnya www.e-dukasi.net pilih salah sat pada website tersebut:




2. klik yang ingin anda rekam misalnya Klik SMA lalu cari sendiri yang perlu di rekam.


3. ingin menyimpan halaman web tersebut Pilih dan klik menu file, save as kotak dialog Save Web
Page HTML document akan di tampilkan, seperti berikut :


4. Pada tombol daftar save in, pilih dan klik drive dan folder yang ingin di gunakan
5. apabila kalian ingin mengubah nama Pada kotak isian File name, ketik nama file yang diinginkan misalnya Halaman Utama


6. Klik Tombol Save untuk menyimpan file tersebut, tunggu hingga proses penyimpanan halaman web (download) selesai.
sesudah menyimpan halaman web, apabila kalian ingin mencetaknya juga
Kita dapat mencetak informasi yang terdapat di halaman web ke dalam bentuk dokumen cetak. Dengan demikian kita dapat membaca dokumen tersebut tanpa harus menghidupkan computer angkah-langkah untuk mencetak halaman web adalah sebagai berikut

7. dari menu file, klik print,kotak dialog akan di tampilkan seperti ini :


8. klik print, kotak dialog print akan di tampilkan seperti ini :
9. pilih printer yang digunakan yang sesuai dengan printer yang anda pakai di rumah, apabila tidak anda tak akan bisa ngeprint


10. atur percetakan halaman web yang akan dilakukan, ini di gunakan apabila kalian ingin print halaman web tersebut.
11. klik tombol print, lalu tugas anda selesai



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar